Tidak semua orang menyelesaikan pembeliannya setelah masuk ke halaman checkout. Ada banyak calon pembeli yang sudah mengisi informasi pengiriman mereka, namun tidak jadi melakukan pembelian di saat-saat terakhir. Tidak sedikit juga pembeli yang lupa atau tidak sengaja menutup halaman checkoutnya.
Pembeli seperti ini mungkin butuh sedikit lagi dorongan untuk melakukan pembelian, atau mungkin butuh sedikit waktu berpikir untuk terus melanjutkan pembelian.
Namun yang kita tidak inginkan, adalah pembeli ini lupa tentang barang-barang yang hendak dia beli.
Karena itu sekarang Berdu memberikan fitur baru khusus untuk memberikan pengingat kepada pembeli kamu yang tidak jadi membeli.
Pengaturan Abandoned Checkout Recovery
Kamu bisa mengatur bagaimana Berdu harus memperingatkan para pembeli yang tidak jadi membeli ini.
Hal yang pertama yang kamu bisa atur, adalah berapa lama Berdu harus menunggu untuk melupakan checkout yang tertinggal ini, agar kamu bisa berfokus pada pembelian-pembelian yang baru saja ditinggalkan.
Pilihan Minimum Pembelian mengatur jumlah minimal pembelian untuk sistem melakukan pengingat checkout yang tertinggal. Mungkin kamu tidak ingin mengirim pengingat kepada para pembeli yang hanya akan membeli barang sejumlah Rp 1000 saja.
Pilihan selanjutnya adalah berapa lama harus sistem menunggu untuk mengirim email pengingat. Email pengingat maksimum bisa dikirim 3 kali, dan lama menunggu yang dipilih adalah lama menunggu yang dihitung dari saat si pembeli meninggalkan pembeliannya.
Mengakses Data Abandoned Checkout Recovery
Kamu bisa melihat data-data dari checkout yang telah ditinggalkan, untuk mengaksesnya kamu cukup pergi ke halaman Order -> Tertinggal
Di sini kamu bisa melihat pembelian yang ditinggal beserta waktu dan jumlah pembeliannya. Untuk melihat lebih detilnya kamu bisa mengklik tulisan birunya.
Di halaman detil pembelian yang tertinggal ini, kamu bisa melihat apa saja barang yang tadinya akan dibeli, berapa banyak yang mau dibeli, beserta alamat pengiriman si pembeli.
Mengirim Email Pengingat Secara Manual
Jika kamu tidak ingin menunggu sistem untuk mengirimkan email secara otomatis, kamu bisa langsung mengirimkan email pengingat secara manual cukup click "Kirim Peningat" di daftar checkout yang tertinggal
** Perlu diingat, sistem tetap akan mengirimkan email pengingat secara otomatis.
Mengubah Template Email Pengingat
Untuk mengubah isi dari email pengingat ini kamu bisa melakukannya dengan cara yang pada umumnya dilakukan untuk mengubah template email yang ada di Berdu, dari sidebar admin kamu, cukup pergi ke Desain -> Template Email -> Pulihkan Pembelanjaan Tertinggal
Mengetahui Order yang Telah Dipulihkan Oleh Email Pengingat
Ketika pembeli yang meninggalkan checkout melihat email peningat, dengan satu klik dia bisa kembali ke halaman checkout yang ia tinggalkan sebelumnya. Dan ketika dia menyelesaikan pembelian di saat itu, maka order yang akan dibuat akan memiliki riwayat sebagia berikut: