24 Juni 2020 11:37 am

Kesalahan Umum yang Menyebabkan Pixel Terekam Berkali-kali

Kesalahan Umum yang Menyebabkan Pixel Terekam Berkali-kali

Perlu dimengerti di Berdu, pixel dapat dibagi 2 jenis:
1. Direkam saat halaman dilihat
2. Direkam saat suatu kegiatan dilakukan

Untuk pixel terkait pembelanjaan barang seperti "Purchase", kamu hanya ingin merekamnya sekali setiap adanya pembelian. Karena itu pixel tersebut perlu diletakan di seksi Checkout atau seksi Konfirmasi Pembayaran, yang hanya merekam sekali saja setiap adanya kegiatan.

Kesalahan yang sangat umum yang dilakukan oleh pemilik website adalah merekam pixel terkait kegiatan yang seharusnya direkam sekali saja, menjadi pixel yang direkam setiap halaman dilihat. Sehingga pixel yang seharusnya direkam sekali, menjadi direkam 2-3 kali.

Contoh kesalahan yang sering terjadi: Meletakan seksi FB Pixel Event di halaman Invoice.

Perlu diketahui pixel di seksi FB Pixel Event akan terekam setiap kali halaman invoice dibuka. Dan akan terekam berkali-kali ketika halaman invoice direfresh, dibuka ulang dari email, atau ketika pembeli kembali ke halaman invoice setelah mengkonfirmasi pembayaran.

Sehingga misalkan ada pembeli yang melakukan checkout, dan setelah diredirect ke halaman invoice, pixel akan terekam sekali. Lalu saat pembeli tidak sengaja menutup browser, dan membuka ulang halaman invoice lagi, pixel akan terekam lagi. Sehingga yang seharusnya merupakan satu pembelian, direkam pixel sebagai 2 pembelian.

Solusinya masalah ini adalah dengan meletakan pixel "Purchase" di seksi Checkout atau di seksi Konfirmasi Pembayaran, yang hanya akan merekam sekali saja setiap kali adanya pembelian.

Untuk lebih jelas, silahkan tonton video penjelasan di bawah ini:

Ayo buat Website kamu sekarang!

Ingin mencari pengetahuan lain?

Ketik judul blog yang ingin kamu cari